Jumat, 08 Januari 2010

Perkembangan Baseball & Softball di Indonesia

terlepas dari sejarah dunia, rupanya Indonesia sendiri udah mengenal Baseball dan Softball sejak 1960, namun belum jelas siapa yang memulai permainan ini. Namun menurut pak Teguh, Baseball memang udah di bawa sejak zaman penjajahan ke Indonesia. Dulu masyarakat mengenal permainan yang mirip Baseball yaitu kasti.

Permainan kasti sebenarnya hanya penyederhanaan dari Baseball, dan pak Teguh menyebutnya sebagai Baseball khas Indonesia. Namun saat ini, kasti sudah hampir hilang, lalu yang dilestarikan adalah Baseball dan Softball.

Perkembangan Baseball awalnya sangat terasa di Jakarta, Bandung, dan Surabaya lalu merambah ke tempat-tempat lain, hanya saja sampai saat ini masih didominasi pulau Jawa. Kategori yang dimainkan dalam olahraga ini sangat beragam, karena sekarang sudah diperkenalkan sejak usia dini. Mulai kategori SD, SMP, SMA sampai Senior.

Meskipun Baseball dan Softball nampak sejenis, namun ada perbedaan mendasar di dalamnya. Perbedaannya adalah :

1. Baseball hanya dimainkan oleh Pria, maka kadang Baseball juga disebut Hardball, sedangkan Softball bisa dimainkan oleh pria dan wanita.

2. Bola Softball besar (lebih besar bebrapa inch dari bola Baseball), Baseball lebih kecil (seukuran bola tennis lapangan).

3. Cara melempar pun beda, Softball dilempar dari bawah ke atas, sedangkan Baseball dari atas lurus ke arah Pemukul (Batter).

4. Ukuran lapanganpun beda, bentuknya sih sama, tapi Baseball lebih besar dibanding Softball.

5. Area pelempar bola (Pitcher) di Baseball ada gundukan tanahnya (Mound) sedangkan Softball rata-rata aja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar