Jumat, 08 Januari 2010

Kawah Putih (from T-More)

Kawah Putih terletak di lereng gunung Patuha, kecamatan Ciwidey. Wisata ini berada di Bandung Selatan, kurang lebih 46 km dari Kota Bandung. Ya....sekitar 1 jam perjalanannya. Kawah ini berwarna putih, kadang-kadang hijau kebiru-biruan, tergantung kandungan mineral kawah. Di ujung kolam, kita mase bisa melihat ada asap yang menggumpal seolah-olah menandakan mase aktif.

Kawah putih mirip danau yang dikelilingi dinding bukit yang sangat terjal, tapi di sisi lain, mirip pantai dibalik bukit gitu deh. Kawah ini terbentuk saat letusan Gunung Patuha sekitar tahun 1000-1200. Tapi sekarang aman koq, kagak ada aliran magma yang membahayakan. Tempat ini gampang dijangkau, karna lokasinya gak jauh dari tempat parkir. Sekitar 5-10 menit jalan kaki, naik tangga yang sudah bagus, nggak bakalan tomat cabe deh!

Di sekitar kawah, terdapat pohon-pohon kering yang teksturnya tuh mirip pohon garing sejati (hallah). Mungkin nie pohon sisa kebakaran (saat dia meletus, ato emang kering karna deket belerang, gak tau lah, yang penting nie pohon artistik banget hehehe). Kalo mau jeprat-jepret, di sini tempatnya. Dekat kawah dan pohon garing tuh lumayan eksotik banget.

Wah, kameranya sampe lowbat, gara-gara begitu narsisnya. Sarannya nih, sebaiknya ke kawah putih berangkat dari Bandung pagi aza. Selain mase sepi, kabutnya belum turun. Karena setelah jam 11 siang, kabut mulai turun, so pemandangan indah ini bakal tertutupi oleh kabut.

Yang unik nih... ada gua yang gak bole dimasuki, bahkan berdiri di depannya saja gak boleh lama-lama (ada peringatannya). Hem, may be terkait dengan asal usulnya kale ya. Konon dulunya kawah putih oleh masyarakat setempat dianggap angker, jadi gak ada seorang pun yang berani menjamahnya.

Oia, biaya masuk wisata ini kalo naik mobil dikenakan 5 ribu. Ditambah biaya masuk per orang 10 ribu (tarif taon 2008 lalu jeeeeng). Kalo dah mau balik, jangan lupa beli souvenir, ada baju dan boneka strawberry buat oleh-oleh. Disini juga banyak penjual jagung bakarnya loh. Heeeem, nyam...nyam! Yuk, kita lanjut ke daerah lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar