Jumat, 08 Januari 2010

Hockey di Indonesia (from T-More)

hockey
Hockey yang sudah berkembang adalah Field Hockey yang dimainkan di lapangan rumput. Menurut Pak Herry Moestamar yang juga mantan atlit nasional selama 10 tahun yang lalu ini, Hockey sudah ada di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Meskipun Hockey dikembangkan di Inggris, namun tentara-tentara Belanda juga memainkannya. Dari situlah Olahraga ini dikenal oleh orang Indonesia.

Hockey adalah cabang olahraga internasional. Olahraga ini mulai berkembang pesat di Bandung, di sana tumbuh banyak club, lalu merembet ke arah Timur, ke Jakarta dan ke Surabaya. Olahraga ini akhirnya juga berkembang di Medan. Bahkan di Surabaya yang mengembangkannya, kebanyak orang-orang keturunan India. Hockey sudah menjadi olahraga nasional sejak tahun 1960-an dan di tahun-tahun berikutnya resmi menjadi cabang olahraga prestasi di PON.

Saat ini, kepengurusan olahraga Hockey pusat memang sedang terjadi kevakuman. Namun kegiatan di daerah-daerah tetap akrif, seperti akhir bulan nanti akan bertanding mahasiswa-wahasiswa se-Indonesia di ITB, dalam kejurnas Hockey Indoor. Pak Herry juga menyatakan kalo olahraga ini masih tergolong mahal karena peralatannya yang diimport dari luar negeri.

Untuk bisa serius bermain hockey dibutuhkan sekitar biaya 1 jutaan, supaya bisa mendapatkan perlengkapan standartnya (sudah termasuk Stick dan sepatunya). Namun bisanya, klub-klub hockey menyediakan stick yang bisa dipinjam, untuk pemain pemula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar